Apa Perbedaan Antara Penyedia Bandwidth Tier-1-Tier-2-Dan Tier-3 Untuk Bisnis Anda?

"Tingkatan" di dunia telekomunikasi cenderung memiliki beberapa definisi, tergantung pada siapa yang Anda tanyakan. Apa tier pembawa bandwidth adalah, paling jelas didefinisikan dan semua orang memiliki pendapat mereka sendiri tentang apa tier pembawa mungkin. Inilah pendapat saya:

Tingkat 1: [may be considered an RBOC or LEC – Regional Bell Operating Company or Local Exchange Carrier]

Tier-1 adalah jaringan di mana hanya rekan bebas pemukiman dan pelanggan yang dilayani. Operator jaringan tidak membayar untuk transit.

Tier-1 adalah tulang punggung jaringan optimal untuk bisnis menengah hingga besar dengan persyaratan keandalan, stabilitas, dan skalabilitas yang sangat penting.

Tier-1 dapat menjadi keuntungan ketika menangani serangan DDoS: jika Anda meminta / mengkonfigurasi penyedia Tier-1 Anda untuk null-rute IP mereka akan menerapkan null-rute di perbatasan mereka, sehingga tidak ada titik kejenuhan.

Contoh operator Tier 1 AS:

Qwest

AT & T (sebelumnya SBC, Bell South, Southwestern Bell, Ameritech)

Savvis

Verizon (sebelumnya MCI dan UUNET)

Penyeberangan Global

Level 3 (baru-baru ini bergabung dengan Broadwing)

NTT Communications

Tier-2: [may be considered a CLEC (Competitive Local Exchange Carrier); has their own network, but also resells tier 1]

Tier-2 adalah tempat operator jaringan membeli semua atau sebagian transit dari Tier-1 dan menjualnya kembali.

Tier-2 dapat menjadi keuntungan jika Anda membutuhkan seseorang untuk menyediakan bandwidth berkualitas, dan terutama jika kebutuhan Anda adalah lokasi instalasi tunggal. Jika Anda membeli dari Tier-1 # 1 di New York, dan # 1 memiliki masalah dengan router peering Tier-1 # 2 di New York, maka semua lalu lintas Anda dari Anda ke # 2 mungkin terpengaruh. Kemampuan Anda untuk berteriak di # 1 dan membuat mereka memperbaikinya akan terbatas, terutama jika masalahnya adalah dengan router perbatasan # 2. Tier-2 yang baik akan memantau upstream dan titik peering mereka untuk masalah, dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa itu tidak mempengaruhi pelanggan mereka. Bahkan jika Anda perlu menginstal multi-lokasi, membeli dari Tier-2 yang baik dapat bermanfaat.

Tier-2 yang hanya menanggapi masalah yang berat (mis. Total pemutusan hubungan hulu) tidak lebih berguna daripada Tier-1 bagi seseorang yang memiliki multi-lokasi.

Penetapan harga dari Tier-2 ISP sering lebih murah di bagian bawah (mis. T1). Tier-2 sering mengalahkan tier-1 dalam "layanan akses" harga. Tetapi jika Anda membeli ratusan megabit, Tier-2 kemungkinan akan mengutip jauh lebih tinggi daripada Tier-1.

Tier-2 biasanya adalah perusahaan yang lebih kecil, dan lebih mampu "membuat transaksi", atau mengenali bundling kontrak, menulis SLA (Service Level Agreements) khusus, serat parit ke lokasi Anda dengan imbalan kontrak yang ditandatangani, dll. Kecuali Anda membeli beberapa gigabit dari hulu Anda, jika Anda ingin memaketkan kontrak dengan Tier-1, Anda mungkin akan berakhir melakukannya melalui grosir atau mekanisme pembelian lainnya.

Contoh operator US Tier-2:

XO Communications

Covad

Paetec / LEC AS

Time Warner Telecom (baru-baru ini bergabung dengan Xpedius)

Eschelon Telecom Inc

Komunikasi Cogent

Speakeasy

Embarq

McLeodUSA

AOL Transit Data Network

Covista

IDT Corp.

Tingkat 3: [wholesalers /resellers of tier 1 and 2 networks]

Tier-3 adalah pelanggan hilir Tier-2. Tier-3 dapat memberi Anda apa yang tampak seperti harga yang bagus ….. tetapi kehandalan jangka panjang, kinerja, dan skalabilitas kemungkinan akan menderita. Untuk kepingan pikiran untuk bisnis Anda, Tier-1 atau Tier-2 adalah pilihan yang lebih baik hampir setiap kasus. Namun, PowerNet Global adalah pengecualian besar untuk aturan ini karena infrastruktur dan hubungan yang solid dengan para pemain utama.

Contoh operator Tingkat 3 AS:

Trinsik

Unggul

Primus Telecom

PowerNet Global

Access One Inc.

Komunikasi Sambungan

Acceris

Aplikasi bisnis apa pun yang Anda butuhkan terpenuhi untuk mempertimbangkan apa tingkat ketersediaan penyedia bandwidth Anda dalam keputusan pembelian Anda. Mengabaikan faktor ini dalam pertimbangan Anda dapat menghasilkan implementasi dan kepuasan yang kurang optimal pada akhirnya. Buat keputusan bisnis yang cerdas ….. jangan biarkan ada peluang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *